Gejala atau Tanda-tanda Awal Kehamilan

Gejala atau tanda-tanda wanita hamil - Terlambat menstruasi atau haid merupakan salah satu tanda kehamilan.  Tapi hal ini kerap kali di abaikan oleh beberapa wanita karena terlambat haid juga bisa disebabkan oleh stres, gangguan hormonal dan diet. Sehingga tak sedikit wanita yang terlambat menyadari bahwa dirinya sedang hamil terlebih lagi kalau hal tersebut adalah kehamilan pertamanya.

Gejala atau Tanda-tanda Awal Kehamilan

Sejatinya kehamilan bisa di cek dengan alat tes kehamilan. Selain itu ada juga gejala atau tanda-tanda bahwa seseorang sedang hamil. Apa saja tanda-tanda kehamilan tersebut? Yuk kita simak ulasannya berikut ini:

1.  Payudara membengkak dan lembut

Kesemutan atau nyeri di area payudara adalah salah satu tanda-tanda kehamilan yang paling umum. Di awal kehamilan payudara akan membesar serta lebih lembut dan kenyal. Payudara pun bisa menjadi lebih sensitif selama beberapa bulan, ini dikarenakan payudara sedang mempersiapkan diri untuk menghasilkan ASI.

2. Mudah lelah

Di awal kehamilan, ibu hamil cenderung mudah kelelahan dan ingin bermalas-malasan saja di tempat tidur. Hal ini disebabkan oleh hormon progesteron yang terus meningkat selama kehamilan. Selain itu menurunnya tekanan darah dan  kadar gula juga sering dikaitkan dengan masalah ini.

3.  Mual

Mual atau moring sickness juga merupakan salah satu penyebab awal kehamilan. Pada umumnya mual yang dialami wanita hamil terjadi di pagi hari. Namun tidak menutup kemungkinan juga mual akan dialaminya di siang atau malam hari. Morning sickness yang dialami Ibu hamil biasanya akan berakhir setelah usia kehamilan 19  minggu.

4. Sering buang air kecil

Wanita hamil akan lebih sering buang air kecil dari pada hari-hari biasanya. Ini dikarenakan adanya tekanan pada kandungan kemih oleh janin yang sedang dikandungnya. Selain itu wanita hamil juga akan mengalami konstipasi. Konstipasi atau sembelit ini disebabkan oleh usus halus yang semakin mengendur. Untuk mengatasi ini biasanya wanita hamil diminta untuk mengonsumsi makanan berserat, seperti halnya sayuran hijau.

Selain ke-4 tanda diatas, gejala di awal kehamilan juga dapat ditandai dengan indra penciuman yang semakin meningkat. Nah, bagaimana dengan Anda? Apa ada tanda-tanda diri Anda sedang hamil?

Gejala atau Tanda-tanda Awal Kehamilan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yoga Pvrnama