5 Tips Mengatasi Anak Susah Makan

Cara Mengatasi Anak Susah Makan - Problema susah makan pada anak sudah bukan hal yang asing lagi dialami seorang Ibu. Pada umumnya hal tersebut terjadi pada anak di usia 3 - 5 tahun. Tenang, Anda tidak sendiri. Banyak orang tua di luar sana mengalami hal yang sana.

5 Tips Mengatasi Anak Susah Makan

Bagaimana mengatasi problematika anak yang susah makan? Apa yang harus Anda lakukan? Yuk, kita simak tips mengatasi anak susah makan berikut ini:

1.  Membuat suasana makan yang menyenangkan

Ketika buah hati Anda susah untuk diajak makan, tidak mau menghabiskan makanannya atau bahkan tidak mau menyentuhnya sama sekali, sebaiknya jangan dipaksa. Karena Apa? karena semakin Anda memaksakannya  malah dapat memperburuk keadaan, membuat mereka jera dan akan selalu menolak saat diajak makan. Anda bisa membuat suasana makan menjadi lebih menyenangkan. Misal, menghias makanan yang tidak disukai seperti sayur dengan hal yang menarik. dan memilih piring dengan elemen warna yang lebih banyak (warna-warni).

2. Jadilah contoh untuk si kecil

Bila Anda menginginkan si kecil suka mengkonsumsi sayuran, maka Anda juga harus sering-sering mengkonsumsi sayuran. Anak-anak biasanya suka meniru apa yang dilakukan oleh orangtuanya. Jadi para orang tua sebaiknya selalu mencontohkan pola makan sehat untuk anak-anaknya.

3. Sajikan makanan dalam porsi yang kecil

Sajikan makanan untuk buah hati Anda dalam porsi kecil saja. Makanan dalam porsi kecil akan membuat buah hati Anda bersemangat untuk menyelesaikan makanannya dan segera meminta tambahan porsi setelah piringnya bersih.

4.  Sabar dalam mengenalkan menu baru

Besar kemungkinan si kecil akan menolak bila dengan menu baru yang Anda kenalkan. Namun, jangan khawatir dan jangan terlalu memaksakannya.  Anda harus bersabar dan sajikan makanan tersebut berulang-ulang,

5. Jam makan teratur

Usahakan untuk memberi makan buah hati Anda secara teratur pada jam-jam tertentu. Bila si kecil terbiasa untuk makan pada jam 7, 12, dan 5, maka Anda harus berusaha untuk menyajikan makanan si kecil pada jam-jam tersebut.

Itulah beberapa tips mengatasi anak susah makan. Saat mendekati jam makan sebaiknya jangan menyalakan TV karena dapat mengalihkan perhatian buah hati Anda.

5 Tips Mengatasi Anak Susah Makan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yoga Pvrnama