Penyebab Bibir Pecah-pecah dan Cara Mengatasinya Secara Alami

Penyebab Bibir Pecah-pecah dan Cara Mengatasinya Secara Alami - Bibir merupakan bagian wajah yang tak luput dari perhatian wanita. Bibir yang lembut dan merah merona adalah bibir idaman mereka. Akan tetapi bibir juga kerap kali tidak berada dalam kondisi yang baik. Kondisi bibir yang kering dan pecah-pecah membuat bibir tidak terlihat indah. Pemakaian lipstik untuk menyiasati hal tersebut bukanlah solusi yang tepat.

Penyebab Bibir Pecah-pecah dan Cara Mengatasinya Secara Alami

Penyebab Bibir Kering dan Pecah-Pecah

Bibir kering dan pecah-pecah sangatlah menganggu penampilan. Hal seperti ini dapat disebabkan oleh banyak hal, diantaranya:
  • Faktor cuaca
  • Telalu lama terkena paparan sinar matahari
  • Dehidrasi
  • Kekurangan vitamin
  • Sering mengonsumi makanan yang terlalu asam dan asin
  • Kurang asupan buah dan sayuran
  • Kebiasaan merokok dan minum alkohol
  • Menggunakan pasta gigi yang terlalu banyak kandungan detergennya.

Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-Pecah


Bila Anda menderita bibir kering dan pecah-pecah sebaiknya tidak usah risau, karena beberapa cara dibawah ini dapat mengatasi masalah Anda.

1.  Minyak kelapa atau Mentega

Minyak kelapa dan mentega merupakan salah satu bahan alami untuk mengatasi bibir kering Anda. Caranya oleskan mentega atau minyak kelapa di area bibir Anda. Asam lemak pada kedua bahan alami tersebut cukup efektif untuk melembabkan kulit kering.

2.  Minum air putih

Jika tubuh Anda mengalami dehidrasi, hal itu bisa dilihat dari bibir Anda yang menjadi kering dan pecah-pecah. Dehidrasi sendiri dapat disebabkan oleh kurangnya asupan cairan ke dalam tubuh.  Cukup minum air putih sebanyak 8 - 10 gelas perhari sudah dapat mengatasi dehidrasi dan mengatasi kulit pecah-pecah pada bibir Anda.

3. Scrub bibir

Bibir kering dan pecah-pecah juga bisa disebabkan karena adanya penumpukan sel kulit mati. Untuk mengelupas sel kulit mati tersebut Anda bisa memanfaatkan gula pasir dan minyak zaitun, caranya campur dua bahan tersebut kemudian usapkan lembut pada bibir, lalu bilas hingga bersih.

4. Konsumsi buah dan sayuran

Jangan pernah meninggalkan buah dan sayuran dalam menu makan Anda sehari-hari. Buah dan sayur kaya akan vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk membuat bibir sehat dari dalam. Buah-buahan juga kaya akan mineral yang dapat menjaga tubuh Anda dari dehidrasi.

Mengatasi bibir kering dan pecah-pecah tidak harus menggunakan obat-obatan yang notabene ada efek sampingnya. Bahan-bahan alami seperti lidah buaya, irisan timun dan tomat juga dapat mengatasi masalah bibir pecah-pecah Anda.

Penyebab Bibir Pecah-pecah dan Cara Mengatasinya Secara Alami Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yoga Pvrnama