Tips Merawat Bayi yang Baru Lahir dengan Baik dan Benar

Tips Merawat Bayi yang Baru Lahir dengan Baik dan Benar - Merawat bayi yang baru lahir merupakan sebuah perkara yang susah-susah gampang. Terlebih lagi bagi orang tua yang baru saja melahirkan anak pertamanya, perasaan panik bisa menghampirinya kapan saja. Terus, bagaimana dengan Anda, apa juga demikian? Bila Anda juga merasakan hal yang sama, ada baiknya Anda mengikuti beberapa tips merawat bayi yang baru lahir berikut ini:

Tips Merawat Bayi yang Baru Lahir dengan Baik dan Benar
  • Perawatan tali pusar
Tali pusar merupakan salah satu bagian yang perlu diperhatikan keberadaannya. Pastikan bahwa tali pusar tersebut selalu dalam keadaan kering dan bersih. Jangan biarkan tali pusar tersebut kotor karena nantinya malah dijadikan sebagai tempat tinggal berbagai macam bakteri. Anda dapat membersihkannya dengan sedikit alkohol dan lakukan dengan perlahan. Pada umumnya tali pusar bayi akan lepas dengan sendirinya ketika si kecil kurang lebih berumur 2 minggu.
  • Memandikan bayi
Bayi hanya boleh dimandikan setelah tali pusarnya lepas, jika belum lepas Anda dapat menyekanya saja dengan washlap hangat. Ketika tiba saat mandi pertamanya, isi baskom dengan air hangat tingginya kurang lebih 4-5 cm saja. Pastikan Anda menyiapkan semua kebutuhan/peralatan mandi sebelum menanggalkan pakaiannya. Perlahan-lahan turunkan si kecil ke dalam air. Pegang bayi dengan satu tangan dan tangan lainnya membasahi tubuh si kecil dengan washlap secara perlahan. Pastikan bahwa Anda menggunakan sabun dan shampo yang dikhususkan untuk bayi. Jangan lupa juga setelah mandi pakaikan baby oil ke seluruh tubuh si kecil agar kulit bayi tetap terjaga kelembutannya.
  • Perawatan tubuh
Anda harus memperhatikan setiap bagian tubuh si kecil, seperti halnya mata, mulut, telinga, hidung, wajah dan juga kulitnya.Semua bagian tubuh si kecil harus tetap di jaga kebersihannya. Perlu diketahui bahwa Anda tidak boleh membersihkan bagian dalam hidung dan telinga si kecil dengan cotton bud atau benda lainnya. Anda hanya boleh membersihkannya saat kotoran sudah mencapai "pintu" keluar.
  • Perhatikan waktu tidur bayi
Bayi yang baru lahir pada umumnya waktu tidurnya 20 jam sehari dalam beberapa minggu pertama. Namun Anda juga harus tahu bahwa si kecil juga membutuhkan makanan yang cukup (ASI) untuk pertumbuhannya.
  • Mengatasi bayi saat menangis
Bayi hanya bisa menangis dan menjerit, tentu Anda harus tau apa penyebabnya. Namun pada umumnya alasan si kecil menangis adalah kelaparan, Amda harus sesegera mungkin untuk menyusuinya. Penyebab lainnya yakni ngompol atau kedinginan.

Nah itulah beberapa tips merawat bayi yang baru lahir, semoga dengan adanya  secuil tips ini dapat mengurangi rasa panik Anda saat mengasuhnya.

Tips Merawat Bayi yang Baru Lahir dengan Baik dan Benar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yoga Purnama Putra Perdana