Tips Mengatasi Tumit Kasar dan Pecah-Pecah

Cara Mengatasi Tumit Kasar dan Pecah-Pecah - Bagian telapak kaki merupakan daerah yang seringkali luput dari perawatan. Dan pada akhirnya tumit kaki menjadi kasar, pecah-pecah juga iritasi. Hal ini tentu menganggu penampilan Anda saat memakai sandal yang terbuka.

Banyak faktor yang dapat menyebabkan tumit pecah-pecah diantaranya kelembaban kulit yang berkurang, tekanan terus-menerus saat memakai sepatu hak tinggi, terkena bahan kimia (detergen).  Mengatasi kulit pecah-pecah tidak harus meminta bantuan dokter, Andapun dapat melakukannya sendiri. Bagaiamana caranya? simak ulasannya berikut ini:

Tips Mengatasi Tumit Kasar dan Pecah-Pecah

Cara Mengatasi Kulit Pecah-Pecah 

1.  Buah pisang
Buah kaya akan kalium, kandungan tersebut baik untuk menghaluskan kembali kulit telapak kaki yang kasar dan pecah-pecah. Caranya haluskan 1 buah pisang kemudian oleskan ditumit Anda. Diamkan selama kurang lebih 10 menit setelah itu bilas dengan air dingin. Lakukan ihal tersebut setiap hari sebelum mandi sore atau sebelum tidur.

2. Pepaya
Lakukan pemijatan di area telapak kaki Anda dengan buah pepaya yang sudah matang. Cara ini dapat mencegah dan menghaluskan kembali tumit atau telapak kaki yang pecah-pecah.

3.  Susu dan Madu
Susu dan madu juga dapat Anda manfaatkan untuk mencegah maupun mengatasi tumit pecah-pecah. Cukup dengan mencampurkan susu dan madu, kemudian rendam kaki Anda ke dalam campuran tersebut selama 15-20 menit Selanjutnya bilas dengan air hangat. Untuk hasil yang lebih baik. lakukan tips ini minimal seminggu sekali.

4. Air hangat dan garam

Air merupakan senyawa yang penting bagi kehidupan, selain untuk minum air juga dapat digunakan untuk mengatasi tumit pecah-pecah.  Caranya hangatkan 1/4 ember air bersih kemudian tambahkan garam dapur secukupnya. Gunakan air tersebut untuk merendam tumit Anda selama 30 menit. Namun sebeludigunakan untuk merendam, bersihkan kaki Anda terlebih dahulu.
5. Alpukat
Alpukat memiliki beragam manfaat. Mulai dari buahnya, bijinya bahkan kulit pohonnya pun juga sangat bermanfaat bagi kita. Mungkin sudah tidak asing bagi Anda kalau buah alpukat sering dijadikan sebagai bahan alami kecantikan dan salah satunya untuk mengatasi tumit pecah-pecah. Caranya cukup mudah kok, cukup dengan mengoleskan buah alpukat yang sudah dihaluskan ke tumit kita selama 20 menit saja. Setelah itu bilas dengan air bersih. Lakukan hal ini secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Bila tips-tips tersebut berhasil Anda lakukan, langkah selanjutnya yang perlu dilakukan yakni mencegah tumit pecah-pecah datang kembali. Caranya rajin mengoleskan lotion agar kulit kaki Anda tetap lembab, menghindari pemakaian sandal yang berbahan keras terlalu lama dan juga jangan memakai sepatu yang terlalu sempit.

Tips Mengatasi Tumit Kasar dan Pecah-Pecah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yoga Purnama Putra Perdana