Cara Merawat Memelihara Anjing dan Kucing Kesayangan


Cara Merawat Memelihara Anjing dan Kucing Kesayangan - Apa jadinya jika hewan peliharaan dibiarkan begitu saja tanpa dirawat oleh pemiliknya? Pasti tidak ada bedanya dengan hewan sejenis yang berada di luar atau jalanan. Ikatan dengan pemiliknya pun cenderung kurang sehingga tak ubahnya seperti memasukkan hewan liar ke dalam rumah. Hewan peliharaan yang lazim dimiliki adalah anjing dan kucing. Ketika sebagian orang hanya menjadikannya sebagai pengusir tikus dan penjaga rumah, sebagian lagi rela menghabiskan waktu dan uang hanya untuk hewan peliharaannya itu. Salon anjing dan kucing pun banyak dijumpai di kota-kota besar, bahkan kecantikan dan keunikannya mulai dikonteskan dengan iming-iming berbagai macam hadiah.

Cara Perawatan Anjing



Memandikan
Jika Anda memandikan anjing dalam bak madi, ikatkan kerah plasik di lehernya, kemudian alasi dia dengan alas yang tidak licin. Ini akan membuat Anda mudah saat memandikan dan dia pun merasa nyaman. Sikat bulunya dari belakan ke depan secara perlahan. Terakhir bagian muka. Setelah itu, baru kemudian beri shampo, bilas hingga bersih setelah itu keringkan dengan handuk.

Menyikat
Sikat dengan sikat yang cocok dengan bulunya. Angkat kakinya agar Anda dapat menyikat bagian bawah tubuhnya. Sikat secara perlahan dan teratur. Namun jangan terlalu sering karena dapat melukai kulit.

Perawatan
Bersihkan telinga dengan cotton bud. Jangan mengorek terlalu dalam. Bersihkan bagian luar mata secara perlahan. Rapikan kukunya dengan pemotong kuku, tapi jika Anda tidak yakin bisa melakukan sendiri, lebih baik jangan.

Memangkas
Rapikan bulu-bulunya dengan gunting khusus untuk bulu anjing. Namun jika Anda belum pernah menggunakannya, lebih baik gunakan jasa perawatan hewan. Menggunting sebaiknya lebih dari satu orang agar lebih mudah dan nyaman bagi si anjing.

Cara Perawatan Kucing

  1. Jika kucing mempunyai bulu yang panjang, rajin-rajinlah menyikat
  2. Sesekali seka bulu kucing dengan tisu bayi setiap hari.
  3. Jika bulu kucing sudah terlanjur kusut, maka hal terbaik adalah meminta bantuan profesional.
  4. Pakai tisu mata untuk membersihkan mata dan daerah hidung kucing. Jangan lupa untuk melakukannya setiap hari, karena jika hidung kucing tidak dibersihkan, maka bisa tersumbat.
  5. Beri makan makanan khusus kucing.
  6. Belikan mainan untuk kucing agar kucing anda bisa mengeksplorasi dirinya.
  7. Bersihkan kotoran mereka pada tempat pembuangan kotoran tiap hari. Kucing suka dengan kebersihan.
  8. Tempatkan kandang kucing atau tempat tidur kucng Anda dekat jendela agar dia bisa berjemur. Karena bisa menjaga kesehatan mereka.
Sekilas memang terkesan ribet untuk diterapkan, namun akan menjadi aktivitas yang sangat menyenangkan bersama peliharaan sehingga kedekatan terbangun. Selain itu Anda pun dapat menghemat biaya yang harus dikeluarkan untuk membawa peliharaan ke salon hewan.

Cara Merawat Memelihara Anjing dan Kucing Kesayangan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown