Budidaya Kroto | Cara Beternak Semut Rangrang Penghasil Kroto

Budidaya Kroto | Cara Beternak Semut Rangrang Penghasil Kroto - Apa yang ada di benak Anda ketika mendengar kata kroto. Pasti menuju pada telur semut rangrang berwarna putih yang biasa digunakan sebagai pakan burung peliharaan. Namun apa jadinya jika kroto dapat disulap menjadi rupiah dengan cara membudidayakannya dengan modal yang tidak banyak dan caranya pun sangat mudah? Tidak serumit melakukan budidaya lainnya, bahkan dengan modal pas-pasan pun dapat berkembang dengan cukup cepat.

Peluang budidaya kroto sebagai peluang bisnis yang menjanjikan kian banyak dilakoni banyak orang, terutama mereka yang mampu melihat prospek komoditi ini akibat naiknya minat pecinta burung. Kroto memang dikenal sebagai pakan yang baik bagi burung peliharaan dan menjadikan kicau menjadi nyaring.

Cara Beternak Semut Rangrang Penghasil Kroto


Kali ini yang akan kami jabarkan adalah cara budidaya kroto dengan media toples. Media ini tergolong simple dan mudah dilakukan dengan alat dan bahan sederhana. Toples yang biasa digunakan umumnya adalah toples plastik transparan yang biasa digunakan untuk tempat krupuk atau makan kecil.

Budidaya Kroto Media Toples

Bahan yang dibutuhkan adalah :
  1. 1 buah toples 10 Lt
  2. 1 buah nampan dari atau berbahan plastik diameter agak besar
  3. 1 rengkot/lepak/tempat nasi dari plastik
Cara membuat :
  1. Lubangi bagian bawah toples dengan diameter sekitar 7cm.
  2. Letakan nampan plastik dengan posisis datar, isi air hingga hampir setengah nampan.
  3. Taruh batu bata ditengah nampan sebagai media tempat meletakan toples.
  4. Lubang toples yang telah kita buat tadi segera kita tutup dengan lakban agar mencegah semut lari  setelah kita pindahkan semut dari sarang ke toples.
  5. Tutup rapat dengan tutup toplesnya.
  6. Letakan toples pada batu bata tadi dengan posisi tutup toples menghadap bawah.
  7. Setelah posisi baik dan benar, segera buka lakban yang menempel tadi.
  8. Sebagai media pakan, kita bisa menggunakan potongan gelas air mineral atau tempat pakan burung kecil. Tempat minum bisa dari tutup botol.
  9. Sebagai  pakan awal, kita bisa beri ulat hongkong. Untuk minum, kita bisa berikan air gula agak kental.
Itulah langkah-langkah budidaya kroto dengan media toples. Untuk selengkapnya, anda juga harus banyak mencari tahu tentang semut rangrang dan habitatnya, agar lebih mudah untuk membudidayakannya dan lebih cepat untuk berkembangbiak. Sekian dan terimakasih. Semoga bermafaat.

Budidaya Kroto | Cara Beternak Semut Rangrang Penghasil Kroto Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Juzz Melon