Penyebab Gigi Berlubang dan Cara Mengobatinya

Penyebab Gigi Berlubang dan Cara Mengobatinya - Gigi berlubang merupakan salah satu  masalah yang sering menimpa gigi kita, terutama anak di bawah 8 tahun.  Gigi berlubang sebaiknya segera ditangani, bila tidak lubang pada gigi tersebut dapat menjadi sarana masuknya kuman  yang menuju saluran darah sehingga dapat menyebabkan penyakit kronis seperti gagal ginjal, serangan jantung dan penyakit paru-paru.


Penyebab Gigi Berlubang

Umumnya gigi berlubang disebabkan oleh pertemuan antara gula dan bakteri pada sela-sela gigi. Gula dari sisa-sisa makanan yang menempel di sela-sela gigi akan diubah bakteri/kuman menjadi asam. Lalu asam inilah yang membuat lubang kecil pada email gigi dan lama kelamaan lubang tersebut akan membesar.

Cara Mengobati Gigi Berlubang

Bila lubang sudah menembus dentin hingga syaraf, kita akan mulai merasakan ngilu dan sakit. Nah untuk mengatasi rasa sakit tersebut Anda dapat mengikuti beberapa bahan alami dibawah ini:


1. Cengkih  
Cengkih atau Syzygium aromaticum merupakan tanaman asli Indonesia, yang biasanya di gunakan sebagai bumbu-bumbu pedas untuk masakan eropa dan salah satu bahan rokok kretek. Selain itu kandungan anti-bakteri, antioksidan dan anti-inflamasi pada cengkih juga dipercaya dapat mengatasi sakit gigi akibat gigi berlubang. Caranya Teteskan sedikit minyak cengkeh pada kapas lalu tempelkan pada gigi yang sakit. Anda juga dapat mencampur beberapa tetes minyak cengkeh dengan segelas air putih dan menggunakannya untuk kumur.

2.  Bawang Putih

Bawang putih dimanfaatkan sebagai bumbu hampir di setiap masakan Indonesia. Bawang putih memiliki sifat antibiotik yang dapat mengurangi rasa sakit pada gigi. Cara menggunakannya  juga sederhana saja, haluskan 1 siung bawang putih dan tambahkan sedikit garam dan oleskan di area gigi berlubang, lakukan ini secara berulang.

3. Bawang merah
Bawang merah juga dikenal sebagai obat alami untuk menyembuhkan sakit pada gigi, ini dikarenakan  sifat antiseptik dan antimikroba yang dikandungnya. Anda dapat mengunyah 1 siung bawang merah untuk mengurangi rasa sakit pada gigi, ini akan membantu membunuh kuman yang menempel pada gigi berlubang Anda.

4. Merica
Masih dari bumbu dapur, merica juga dipercaya dapat meredakan sakit gigi Anda, terutama bagi yang memiliki gigi sensitif. Caranya, campurkan garam dan merica dengan takaran yang berimbang kemudian tambahkan beberapa tetes air hingga membentuk pasta. Untuk mengaplikasikannya silahkan oleskan pasta tersebut di area gigi yang berlubang. Lakukan ini secara rutin hingga rasa sakit pada gigi reda.

Ke-4 cara tersebut bisa Anda coba untuk mengatasi sakit gigi akibat gigi berlubang. Bila sakit  masih berlanjut, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter.

Penyebab Gigi Berlubang dan Cara Mengobatinya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yoga Pvrnama